VISI:
Menjadi program studi S1 Kesehatan Masyarakat unggul dalam kebencanaan pada tahun 2027, yang menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat profesional, religius, kreatif, mandiri, dan berdaya saing global”
Unggul mengandung makna cakap dan kompetitif dalam bidang kesehatan masyarakat dengan kekhususan keilmuan kebencanaan yang meliputi bencana alam, non alam, dan sosial, mencakup semua siklus kebencanaan dari pencegahan, mitigasi, kesepsiagan, tanggap darurat, hingga pemulihan.
Profesional mengandung makna setiap lulusan memiliki kecakapan, keahlian, dan keterampilan sesuai dengan kompetensi kesehatan masyarakat.
Religius mengandung makna setiap lulusan memiliki sikap, tingkah laku, perbuatan, dan tindakan sesuai dengan ajaran agama.
Kreatif mengandung makna setiap lulusan memiliki ide dan daya cipta dalam meningkatkan derajat kesehatan.
Mandiri mengandung makna setiap lulusan memiliki kemampuan menggali potensi sendiri dan bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Berdaya saing global mengandung makna setiap lulusan memiliki daya saing dalam menghadapi kompetisi global di bidang kesehatan masyarakat dan kebencanaan.
MISI:
- Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang unggul dalam kebencanaan, yang memiliki kompetensi profesional, religius, mandiri, kreatif, dan berdaya saing tinggi
- Menyelenggarakan penelitian yang unggul, inovatif, dan implementatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Kesehatan Masyarakat
- Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang unggul, inovatif, dan implementatif sesuai dengan bidang ilmu kesehatan masyarakat guna meningkatkan kesehatan masyarakat
- Mengembangkan sumber daya manusia profesional di Program Studi Kesehatan Masyarakat melalui pendidikan kesehatan masyarakat dengan kekhususan keilmuan kebencanaan
- Mengembangkan organisasi program studi dalam merespon berbagai perkembangan dunia kesehatan masyarakat
- Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak yang terkait, yang mendukung perkembangan bidang Kesehatan Masyarakat dan kebencanaan
Profil Lulusan:
Profil Lulusan disusun dengan memperhatikan kebutuhan stakeholder dan merujuk kepada beberapa referensi diantaranya Naskah Akademik Pendidikan Kesehatan Masyarakat yang disusun oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI). Program studi kesehatan masyarakat menghasilkan lulusan seorang ahli kesehatan masyarakat. Adapun profil lulusan dan deskripsi dapat dilihat pada tabel dibawah ini.
Nomor | Profil Lulusan | Deskripsi Profil |
1 | Manager | Sarjana Kesehatan Masyarakat sebagai Pelaksana fungsi manajemen serta pembuat kebijakan dalam upaya pemecahan masalah kesehatan masyarakat |
2 | Innovator | Sarjana Kesehatan Masyarakat sebagai pengembang ide baru di bidang kesehatan masyarakat dan mengaplikasikan dalam program-program kesehatan. |
3 | Researcher | Sarjana Kesehatan Masyarakat sebagai peneliti yang melakukan penleitian dengan menggunakan metode ilmiah secara komperhensif guna mencari pemecahan masalah-masalah kesehatan masyarakat |
4 | Apprenticer | Sarjana Kesehatan Masyarakat sebagai tenaga kesehatan yang terus belajar berbagai macam pengetahuan di bidang kesehatan masyarakat untuk mengatasi kendala dan mencari solusi yang terbaik dalam penyelesaian masalah kesehatan masyarakat sehingga mampu bersaing secara global |
5 | Communitarian | Sarjana Kesehatan Masyarakat sebagai pemberdaya masyarakat dan pengadvokasi stakeholder untuk meningkatkan kesehatan masyarakat yang mandiri |
6 | Leader | Sarjana Kesehatan Masyarakat sebagai pemimpin suatu organisasi untuk mencapai tujuan kesehatan masyarakat |
7 | Educator | Sarjana Kesehatan Masyarakat sebagai pendidik, promotor dan perubah perilaku masyarakat untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan. |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Capaian pembelajaran Unsur Sikap
Kode | Rumusan Sikap SNPT |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious. |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Capaian pembelajaran Unsur Keterampilan Umum
Kode | Rumusan Keterampilan Umum SNPT |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya. |
KU2 | Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menetapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya brdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
KU4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data. |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
KU7 | Mampu bertangungjawab atas hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tangungjawabnya. |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berasa dibawah tangungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Capaian Pembelajaran Unsur Keterampilan Khusus
Kode | CPL |
KK1 | Mampu melakukan kajian dan analisis situasi (analytic/assessment skills) [Mampu melakukan kajian dan analisis situasi dengan mengumpulkan, menilai, menganalisa dan menerapkan informasi (termasuk data, fakta, konsep dan teori) dan dapat membuat keputusan berdasarkan bukti dalam upaya menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat] |
KK2 | Mampu mengembangkan kebijakan dan perencanaan program (policy development/program planning skills) [Mampu mengembangkan kebijakan dan perencanaan program dengan mengumpulkan, menyusun, mempertimbangkan berbagai kebijakan kesehatan dan dapat menunjukan rencana implementasi serta penetapan tindakan yang sesuai dalam menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat] |
KK3 | Mampu berkomunikasi secara efektif (communication skills) [Mampu melakukan interaksi komunikasi dengan internal dan eksternal secara verbal dan nonverbal, menggunakan teknologi informasi dan dapat menunjukan metode komunikasi yang efektif dalam pemecahan kasus-kasus kesehatan masyarakat ] |
KK4 | Mampu memahami budaya local (cultural competensi/local wisdom) [Mampu mengidentifikasi dan memahami kompetensi sosial budaya masyarakat dengan pendekatan berbasis budaya lokal dan dapat menunjukan strategi interaksi secara efektif dengan beragam individu, kelompok, dan masyarakat sebagai perwujudan dan sikap moral dan etika terhadap faktor sosial budaya untuk keberhasilan menerapkan prilaku, program, dan kebijakan kesehatan] |
KK5 | Mampu melaksanakan pemberdayaan masyarakat (community dimensions of practice) [Mampu melakukan pemberdayaan potensi masyarakat, dengan metode pengembangan dan pengorganisasian masyarakat dan dapat bekerja bersama serta membuat advokasi dan bermitra bersama masyarakat dalam mencapai tujuan kesehatan bersama] |
KK6 | Mampu dalam merencanakan keuangan dan terampil dalam bidang manajemen (financial planning and management skill) Mampu melakukan perencanaan, pengembangan dan penyajian anggaran dengan cara mempertimbangkan arah program untuk efesiensi dan efektifitas anggaran serta utilitas biaya dan dapat menunjukan kemampuan menajemen keuangan dalam penyediaan pelayanan berbasis pada masyarakat |
KK7 | Memiliki kemampuan kepemimpinan dan berfikir system (leadership and system thinking skills) [Mampu memimpin dan membangun kapasitas, meningkatkan kinerja, meningkatkan kuaitas lingkungan kerja, serta kepemimpinan dengan cara merangsang organisasi dan masyarakat untuk menciptakan dan menerapkan berbagai visi, misi, dan nilai-nilai dan dapat menunjukan pembetukan nilai-nilai dasar dan visi bersama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat] |
Capaian Pembelajaran Unsur Pengetahuan
Kode | CPL |
P1 | Menguasai ilmu pengetahuan sains dan teknologi, ilmu sosial humaniora, dan ilmu kesehatan lainnya yang berhubungan dengan disiplin ilmu kesehatan masyarakat. |
P2 | Memiliki penguasaan ilmu kesehatan masyarakat (public health science skills) Menguasai konsep teoritis dasar dan keterampilan ilmu kesehatan masyarakat untuk dapat memiliki keterampilan berfikir kritis yang berhubungan dengan disiplin ilmu dalam rumpun ilmu kesehatan masyarakat |
P3 | Menguasai teori dasar dan prinsip kebencanaan untu dapat mencegah dan mengurangi risiko bencana baik bencana alam, non alam, dan sosial |